Komunikasi Visual: Media Luar Definisi dan Fungsi

New York Times Square
New York Times Square. Source: NYC Tourism

Fungsi media luar ruang adalah untuk memberikan informasi serta memperkenalkan identitas produk pada benak konsumen sehingga memudahkan suatu brand atau merk untuk menjangkau konsumen, sehingga media luar seringkali berfungsi sebagai media promosi.

Bentuk-bentuk dari media luar ruang di antaranya billboard, spanduk, banner, papan nama, bus ads, truck ads dsb. Hal ini diperuntukkan untuk orang-orang yang sedang berada di luar rumah dan di lokasi-lokasi strategis lainnya seperti jalan raya, pinggir jalan, pusat keramaian, dan fasilitas publik.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memanfaatkan Media Luar

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan efektivitas dan etika dari pemasangan media luar:

Lokasi Strategis
Media luar harus dipasang di lokasi-lokasi strategis yang banyak dilalui orang atau tempat orang-orang berkerumun, hal ini memungkinkan iklan mencapai target audiens yang lebih luas.

Kualitas dan Kreativitas Desain

Desain iklan haruslah menarik dan komunikatif. Baik visual atau verbal harus dirancang dengan serius, artistik, dan komunikatif sehingga dapat menarik perhatian target audiens. Selain itu membuat simbol warna, font, atau produk dapat membantu menancapkan identitas dari brand atau merk.

Integrasi dengan Media Sosial

Media luar harus saling bersinergi dengan media sosial untuk memudahkan brand atau merk menjangkau konsumennya. Integrasi ini memungkinkan pesan yang disampaikan menjadi viral dan meningkatkan dampak pemasaran.

Teknologi Digital

Pemanfaatan media luar ruang digital memungkinkan penayangan pesan yang interaktif dan dapat memberikan feedback atau umpan balik. Teknologi ini juga memungkinkan penyampaian pesan dengan resolusi tinggi dan format yang beragam, seperti video dan animasi.

Standar dan Kebijakan

Penentuan titik penempatan dan pola pemasangan harus dilakukan dengan standar yang jelas dan tidak berbelit-belit. Kebijakan yang konsisten dan tidak berstandar ganda diperlukan untuk menghindari kekacauan dan gangguan visual

Efektivitas dan Efisiensi

Pemanfaatan media luar ruang harus efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan. Pesan harus disampaikan harus relevan dan menarik, serta memiliki rentang waktu yang panjang untuk ditancapkan dalam benak calon konsumen.

Contoh Media Luar

Pamflet

Media promosi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara ringkas, jelas, dan menarik. Memiliki keuntungan sebagai media promosi yang hemat biaya karena pembuatan serta pendistribusian pamflet tidak membutuhkan biaya besar.

Flyer

Merupakan bentuk iklan kertas yang dirancang untuk distribusi luas dan biasanya dipasang atau didistribusikan di tempat umum, diberikan kepada individu, atau dikirimkan melalui surat. Selain itu saat ini juga flyer dapat digital juga dapat dibagikan melalui internet.

Poster

Adalah papan besar atau gambar yang ditempelkan pada dinding atau papan, seringkali untuk tujuan iklan. Poster dapat berupa gambar besar yang digunakan untuk dekorasi atau iklan dan juga dapat berupa papan yang ditempelkan di tempat umum untuk mempromosikan sesuatu. Juga digunakan untuk mendekorasi ruangan dengan gambar-gambar besar, seperti poster bintang film atau gambar seni lainnya.

Brosur

Sama dengan pamflet, flyer atau leaflet, digunakan untuk menyampaikan informasi tentang sesuatu.

Spanduk (banner)

Adalah potongan kain besar yang memiliki slogan atau motto, selain itu spanduk juga memiliki fungsi diantaranya sebagai media informasi, promosi, petunjuk arah, identitas, menarik perhatian hingga menyampaikan pesan dengan jelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VLAN

CNNA 8 - SUBNETTING IP NETWORKS

CCNA CHAPTER 11 - Build a Small Network